top of page
Search

Business English Vocabulary – Collaborate or Cooperate

Dua kata ini wajib Anda ketahui karena selalu digunakan dalam dunia bisnis.Bagaimana cara membedakan antara 2 kata Bahasa Inggris yang sering digunakan di dalam bisnis, yaitu “Collaborate” and “Cooperate”.

Sebenarnya, kedua kata diatas itu memiliki makna yang sama namun pada saat yang bersamaan mereka juga memiliki arti yang berbeda. Mari kita pahami perbedaannya di bawah ini.


1.       Collaborate

“Collaborate/to collaborate” artinya “to work together to produce or achieve something” atau di dalam Bahasa Indonesia nya yaitu “bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu atau mencapai sesuatu”. Mari kita lihat contoh dibawah ini:

·         They collaborated on a big project last month

·         I and my friends collaborated on doing our assignment

 Mari kita bandingkan dengan kata “cooperate” di bawah ini.


2.       Cooperate

Kata “Cooperate” refers to when you help someone in doing something. Atau di dalam Bahasa Indonesia nya yaitu “membantu seseorang dalam melakukan sesuatu”.

Jadi “Cooperate” artinya “To work willingly together to help each other as you collaborate”. Atau di dalam Bahasa  Indonesia artinya yaitu bekerja sama dengan sukarela dan saling membantu. Mari kita lihat contoh di bawah ini:

·         We did our project much faster than last year as we cooperate with many companies.


Intinya adalah, kedua kata tersebut mempunyai makna yang hampir sama satu sama lain. Akan tetapi ketika kita menggunakan kata “cooperate”, kita tidak hanya bekerja sama saja, akan tetapi kita turut membantu suatu pekerjaan tersebut hingga pekerjaan tersebut selesai lebih awal/ cepat. 


Wish you a brighter future.

Little Eagle Learning Center

45 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page